Siapkan Diri Menjadi Generasi Emas Penerus Bangsa

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur atas prestasi suatu bangsa. Untuk itu, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memajukan bangsa kita adalah dengan memajukan pendidikan itu sendiri. Dari mulai sistem, metode, kurikulum, cara berpikir, dan aspek-aspek dasar lainnya harus dievaluasi dan dikembangkan agar dapat sesuai dengan dinamika perubahan yang tidak akan pernah berhenti berubah.

Oleh karena itu, sebelum dapat merubah semua sistem dan aspek-aspek dasar pada pendidikan Indonesia, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten, profesional serta berintegritas. Dengan demikian, segala kebijakan yang nantinya dibuat tidak akan berat sebelah karena sumber daya manusia yang mempunyai potensi demikian tidak akan mengambil keputusan tanpa pemikiran dan pertimbangan yang matang.

Untuk menjadi sumber daya manusia yang mempunyai potensi seperti yang telah disebutkan di atas, yakni berkompeten, profesional dan berintegritas. Hendaknya, kita para generasi penerus bangsa dapat menyiapkan diri kita dari sekarang. Karena menanam lebih awal akan menumbuhkan hasil yang lebih awal pula. Dan nanti, saat kita dituntut memberikan kontribusi secara nyata untuk memajukan bangsa tiba, sudah tidak ada alasan untuk kita, para generasi emas penerus bangsa, hanya duduk diam di depan televisi melihat berita-berita yang menayangkan betapa terpuruknya kondisi pendidikan di negara kita saat ini.

Lalu, bagaimana cara untuk menjadi sumber daya manusia yang berkompeten, profesional, berintegritas? Tidak usah berfikir rumit, saat ini, kita tidak dituntut untuk melakukan hal-hal yang susah dan menguras banyak pikiran apalagi tenaga. Saat ini, yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan diri kita menjadi sumber daya manusia yang berkualitas adalah menjalankan kewajiban kita sebagai pelajar yang baik. Belajar yang banyak selagi kita bisa, cari ilmu yang bermanfaat untuk mendukung potensi-potensi yang ada, kembangkan bakat yang dimiliki dan jangan lupa untuk berbaur dengan lingkungan, karena sosok yang diterima publik kelak adalah sosok yang tidak hanya mementingkan kebutuhannya sendiri tetapi sosok yang dapat merangkul banyak orang.

Satu hal yang penting lagi, jadilah pribadi yang menghargai proses. Proses adalah penentu hasil, entah itu baik atau buruk. Jangan mengorientasikan segala sesuatu pada hasil akhir, karena hasil yang baik tidak akan pernah bisa didapatkan dengan proses yang instant. Oleh karena itu, terus berjuang, karena usaha yang kita lakukan tidak akan pernah mengkhianati. Jika hasil yang baik itu tidak muncul di saat itu juga, tanamkan dalam diri kita, bahwa suatu saat kelak, proses yang baik itu akan membuahkan hasil yang baik pula. 

Segera benahi diri, siapkan diri, untuk Indonesia yang lebih baik.






2 MEI 2015
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL
INDONESIA



-CALON PENDIDIK BANGSA

Comments

Popular posts from this blog

Home is where your story begin

29 Days with SEA-Teacher Project : Teaching Practice and Evaluation Day

Siap Memutar Kemudi Hatimu?